Mengenal Candi Ijo, Candi Yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta

Candi Ijo

Candi Ijo adalah candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta dengan menyuguhkan pesona alam dan budaya, yang membuat saya dan teman – teman saya ingin mengunjungi candi tersebut. Sesampainya di Bandara Yogyakarta kami langsung menuju ke Hotel Hyatt Regency Yogyakarta kami memilih hotel tersebut karena ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dari Gunung Merapi ( Gunung Sakral Jawa ) dan pemandangan indah yang ada di pulau Jawa. Sesampainya di Hotel kami beristirahat sejenak dan menikmati fasilitas yang mewah yang di suguhkan oleh Hotel Hyatt Regency Yogyakarta.

Candi Ijo

Candi Ijo

 

Keesokan hari kami pergi menuju Candi Ijo, dengan menyusuri jalan menuju bagian selatan kompleks Istana Ratu Boko adalah perjalanan yang sangat menyenangkan buat kami. Banyak sekali candi – candi di situ, salah satunya Candi Ijo belum banyak orang mengenal candi tersebut,  sebuah candi yang letaknya paling tinggi di antara candi – candi lain di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikenal dengan nama Candi Ijo, dalam bahasa jawa ijo berarti hijau mungkin nama tersebut terinspirasi karena letaknya berada di Bukit Hijau atau Gemuk Ijo yang ketinggiannya 410 m di atas permukaan laut. Bukan hanya bangunan candi saja yang dapat kami nikmati tetapi juga keindahan alam di bawahnya seperti teras – teras di daerah pertanian dengan kemiringan yang curam. Kami tak menyianyiakan moment ini, kami mengambil gambar – gambar pemandangan yang indah dari candi ini. Kami sangat menikmati berlibur di Candi Ijo kami juga memotret kompleks candi yang terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak, bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, Beragam bentuk seni rupa telah kami temui sejak pintu masuk bangunan yang tergolong candi Hindu ini. Setiap detail candi menyuguhkan sesuatu yang bermakna dan mengajak kami untuk ber refleksi sehingga perjalanan wisata kami tak sekedar ajang bersenang – senang. Adanya banyak seni rupa yang hebat tanpa disertai nama pembuatnya menunjukan pandangan masyarakat Jawa saat itu yang lebih menitikberatkan pada pesan moral yang dibawa oleh suatu karya seni dan bukan si pembuat ataupun kemegahan karya seninya.

Banyak hal yang sudah kami kantongi dari Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai dari Hotel Hyatt Regency Yogyakarta tempat kami bermalam, dan candi – candi nya telah menyuguhkan banyak sekali keindahan alam yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Yogyakarta adalah tempat yang menyenangkan buat kami, kami tidak akan pernah bisa melupakan indahnya pemandangan di sana. Yogyakarta benar – benar daerah yang istimewa buat kami.

 

Testimonial by : Herin Rizkah Pratiwi, Medan

Share and Recommend to Your Friends

Share to Google Plus

Artikel Menarik Lain:

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Designed by Edinburgh Taxi